Monday , March 27 2017
Beranda / Edukasi / UGM akan Miliki Pusat Inovasi Digital

UGM akan Miliki Pusat Inovasi Digital

YOGYAKARTA — Saat Dies Natalis UGM 19 Desember 2016 akan diluncurkan Pusat Inovasi Digital. Pusat Inovasi Digital ini untuk memamerkan hasil-hasil riset digital UGM di bidang kesehatan, geoinformation dan mapping, bidang pengembangan desa dan pengembangan sosial ekonomi.

“Setahu saya hal ini baru ada di UGM,” kata Rektor UGM Dwikorita Karnawati pada wartawan usai audiensi dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, di Gedhong Wilis Kepatihan Yogyakarta, Selasa (13/12).

Di Pusat Informasi Digital tersebut UGM  akan memproduksi teknologi digital aplikasi  untuk diterapkan di mobile phone yang diharapkan  dapat membantu melayani masyarakat di bidang kesehatan, pembangunan  pedesaan dan pengembangan sosial eknomi.

Dia memberi contoh, di bidang kesehatan ada pemantauan layanan kesehatan lewat mobile phone untuk mencegah jangan sampai orang jatuh sakit dan bisa mengurangi orang yang dirawat di rumah sakit. Selanjutnya petani yang aksesnya jauh dengan kota dan kebijakan yang selama ini sulit untuk mendapatkan informasi akan lebih mudah dalam memantau harga dan lain-lain. Mereka juga akan mendapatkan bimbingan karena  di UGM banyak ahli di bidang pertanian.

Lebih lanjut dia mengungkapkan selama ini di Indonesia peta dasar untuk penataan ruang, lahan dan perencanaan peta yang memadai  belum sepenuhnya tersedia. Namun hal ini bisa diolah dengan teknologi yang menghasilkan peta dan bisa dipakai perencanaan oleh masyarakat.

Untuk digital kesehatan, kata Dwikorita menambahkan, pilot project-nya masyarakat di sekitar UGM  sudah dikumpulkan sampel darah bisa untuk memantau kondisi jantung, melakukan pencegahan hipertensi, Parkinson, penyakit diabetes mellitus dan lain-lain.

Baca Juga

Pengajian Akbar YPSA 04 Maret 2017 Oleh Ustadz Rudiawan Sitorus,MA

YPSA kembali menggelar pengajian akbar dengan ustadz penceramah Rudiawan Sitorus,MA,  yang akan dilaksanakan pada hari …