Saturday , June 24 2017
Beranda / Kegiatan Ekstrakurikuler

Kegiatan Ekstrakurikuler

This slideshow requires JavaScript.

Ekstrakurikuler adalah kegiatan pendidikan yang dilakukan oleh peserta didik di luar jam belajar kurikulum standar sebagai perluasan dari kegiatan kurikulum dan dilakukan di bawah bimbingan sekolah dengan tujuan untuk mengembangkan kepribadian, bakat, minat, dan kemampuan peserta didik yang lebih luas atau di luar minat yang dikembangkan oleh kurikulum.

Kegiatan ekstrakurikuler di Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) seluruhnya dilaksanakan secara khusus di hari Sabtu mulai dari pukul 07.00 s/d 11.30 WIB.

Adapun jenis kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan di YPSA, antara lain:

  1. Krida; meliputi Kepramukaan, Leadership/Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS), Dokter Cilik/Dokter Remaja, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka)
  2. Kegiatan olahraga; renang, bola voli, bola basket, sepakbola, futsal, taekwondo, dan tenis meja.
  3. Kegiatan seni dan budaya; tari, lukis, kaligrafi, vocal, music, paduan suara, puisi, musikalisasi puisi dan teater/drama.
  4. Kegiatan Bakat/Keterampilan; fotografi/jurnalistik, dan komputer (desain web).
  5. Karya ilmiah; meliputi kegiatan penguasaan keilmuan dan kemampuan akademik, dan penelitian.
  6. Kewirausahaan, kegiatan berwawasan lingkungan dan kegiatan sosial.

Visi dan Misi Kegiatan Ekstrakurikuler

Visi kegiatan ekstrakurikuler adalah berkembangnya potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, dan kemandirian peserta didik secara optimal melalui kegiatan-kegiatan di luar kegiatan intrakurikuler.

Sedangkan misi kegiatan ekstrakurikuler pada satuan pendidikan adalah:

  1. Menyediakan sejumlah kegiatan yang dapat dipilih dan diikuti sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat peserta didik.
  2. Menyelenggarakan sejumlah kegiatan yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk dapat mengekspresikan dan mengaktualisasikan diri secara optimal melalui kegiatan mandiri dan atau berkelompok.

Fungsi Kegiatan Ekstrakurikuler

Fungsi kegiatan ekstrakurikuler yaitu memiliki fungsi pengembangan, sosial, rekreatif, dan persiapan karir:

  1. Fungsi pengembangan, yakni bahwa kegiatan ekstrakurikuler berfungsi untuk mendukung perkembangan personal peserta didik melalui perluasan minat, pengembangan potensi, dan pemberian kesempatan untuk pembentukan karakter dan pelatihan kepemimpinan.
  2. Fungsi sosial, yakni bahwa kegiatan ekstrakurikuler berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan rasa tanggung jawab sosial peserta didik. Kompetensi sosial dikembangkan dengan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memperluas pengalaman sosial, praktek keterampilan sosial, dan internalisasi nilai moral dan nilai sosial.
  3. Fungsi rekreatif, yakni bahwa kegiatan ekstrakurikuler dilakukan dalam suasana rileks, menggembirakan, dan menyenangkan sehingga menunjang proses perkembangan peserta didik. Kegiatan ekstrakurikuler harus dapat menjadikan kehidupan atau atmosfer sekolah lebih menantang dan lebih menarik bagi peserta didik.
  4. Fungsi persiapan karir, yakni bahwa kegiatan ekstrakurikuler berfungsi untuk mengembangkan kesiapan karir peserta didik melalui pengembangan kapasitas.

Tujuan Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler

Secara umum kegiatan kurikuler adalah upaya untuk mempersiapkan siswa untuk memiliki kemampuan intelektual, emosional, spiritual, dan sosial. Melalui pengembangan aspek-aspek tersebut diharapkan siswa dapat menghadapi dan mengatasi berbagai perkembangan dan perubahan yang terjadi dalam lingkungan pada lingkup terkecil dan terdekat, hingga lingkup yang terbesar lokal, nasional, regional, bahkan global).

Dan tujuan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pada satuan pendidikan menurut Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan (1987) adalah:

  1. Kegiatan ekstrakurikuler harus dapat meningkatkan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik.
  2. Kegiatan ekstrakurikuler harus dapat mengembangkan bakat dan minat peserta didik dalam upaya pembinaan pribadi menuju pembinaan manusia seutuhnya.